transbara-alfatih

Mulai Bisnis di Usia Muda

Kali ini Sam Bara ingin sharing beberapa hal yang bisa memotivasi temen-temen sekalian untuk makin semangat dalam hal bisnisnya. Sebelum Bara sharing tentang berjualan dan berbisnis coba kita baca dulu beberapa kalimat yang saya dapatkan di salah satu blog.

"Berdagang adalah hal yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, dimana disaat beliau masih muda. Bahkan beliau menjalani hidup sebagai pebisnis Sukses selama 28 tahun, mulai dari usia 12 tahun hingga 40 tahun. Dan selebihnya masa Rasulullah sebagai suri Tauladan."

Nah jadi Masih RAGU buat berbisnis?
Masih TAKUT mau buka bisnis? 
Masih MALU buat berdagang/jualan?

Coba sekarang pertanyaannya saya ganti.

Nah jadi Makin RAGU buat berbisnis?
Makin TAKUT mau buka bisnis?
Masih MALU buat berdagang/jualan?


hehehe, itu kata" buat motivasi temen-temen aja kok. Selebihnya YUK ACTION! -- Baca Artikel ini sampai selesai dan temukan jawabannya, maka InsyaAllah temen-temen sekalian Langsung Buka BISNIS kok.

Mungkin terlalu besar bagi kita jika berbicara soal BISNIS, Bagaimana kalau kata BISNIS Saya ganti ke JUALAN, Kenapa kok begitu? Ya karena semua orang Pebisnis Sukses pasti pernah merasakan yang namanya Berjualan. Kalau kita aja gak pernah JUALAN gimana bisa mau buka BISNIS???
Kalau gitu Yuk mari kita coba untuk Jualan. Kadang masih aja banyak yang tanya *tanda tidak percaya diri
"Lah terus saya harus Jualan apa ya Sam?" 
"Yaa Jualan apa aja yang bisa dijual." hehehe.. 

"9 dari 10 pintu rizki adalah dari Berdagang"
-Rasulullah SAW-

Kalau emang kita belum punya barang dagangan yaa kita belajar jualin barang dagangan orang dulu, sambil berjualan sambil belajar gimana sih caranya Jualan, gimana sih rasanya Jualan. Pasti kita akan mendapatkan banyak rintangan dalam berdagang dan itu baru namanya ASIK ^ ^

Saya sendiri merasakan ketika pertama kali saya merasakan yang namanya berjualan hehehe... Saya masih ingat ketika saya masih umur 16th dan dapet pelajaran KWU, guru saya sebagai "Kompor & Provokasi" agar murid"nya memiliki jiwa kewirausahaan. Entah kenapa waktu itu Saya iseng-iseng kepengen banget jualan. akhirnya Saya cerita ke Umi dan singkat cerita Saya dipertemukan oleh dagangan yang bernama latin Roti Goreng hehe ^,^

Maklum bocah ingusan masih belum ngerti apa itu bisnis gimana namanya jualan dan macem-macem deh akhirnya Saya jajal  bawa itu dagangan ke Sekolah *kelas eh.. Tau gak awal saya bawa dagangan ke kelas Saya sengaja sembunyikan, maklum masih malu" kelas 1 semester 1 anak baru masuk kemaren lagi hehe ^^v Kalau gak salah dagangan Saya yang aman didalam box kue itupun saya simpan di loker meja dan Jeng-Jeng teman sebangku saya sepertinya mencium aroma Roti Goreng Saya yang aromanya mantaaaffpp. Dia pun langsung tanya ke saya kaya gini "Eh Bee kenapa kok daganganmu ente sembunyiin?" reflek aja Saya jawab "Ane malu bro hehe" :3 kurang lebih seperti itulah percakapan kami.. Tanpa banyak cincai lagi diapun langsung ambil dagangan Saya dan jualin deh ke temen-temen satu kelas. Otomatis saya pun kagettt....

TAU GAK?? gak sampai 5 menit itu yang namanya Roti Goreng udah ludes ajeee... Dalam hati saya bilang aja "Sakti juga anak ini dagangan ane habis gak lebih dari 5 menit. GILE..." hehe mungkin waktu itu Saya yang terlalu lugu karena belum ngerti apa" ^^; Yaahhh hari berikutnya Saya harus berani jualan sendiri dan tau gak kalau di hari berikkutnya bawa 20 Roti Goreng lagi habis 5 menit doank, "Besok lu harus bawa lebih banyak dooonkkk" kata temen Saya rame"an. Mulai saat itulah muncul yang namanya RASA *eehhh jangan baper yang Saya maksut RASA disini bukan RASA ingin Memiliki loh yaa hehe bukan RASA yang pernah ada juga hehe... :3 tapi itulah RASA PERCAYA DIRI (re: confidence) don't worry if you don't have this one. MAKE IT Happen with your Rule .. #trust me it works!!!

Hari demi hari berjalan yang awalnya 20 bisa jadi 200 an lebih roti goreng yang Saya bawa setiap hari nya, Yah mungkin udah jalannya Saya juga gak pernah ada pikiran mau bawa Roti Goreng segitu banyak nyaa kok. Tapi saat itu Saya kepikiran buat punya RESELLER (re : TIM) sendiri dan alhamdulillah 1 th berjalan TIM Saya jadi 7 orang dengan Saya dengan sistem bagi hasil 50 : 50. Alhamdulillah tiap hari ada pemasukan dan bisa gaji temen" sendiri tiap bulannya.. Nah karena dipikir-pikir jualan Roti Goreng doank lama-lama bosen akhirnya Saya dan TIM buat inovasi jualan produk lain *EKSPANSI jadi banyak varian Guys.. Gak hanya Roti Goreng yang kami jual tapi kami juga menjual Pisang Goreng, Risoles, Lumpia, Martabak Telor, dll banyak dahhh pokoknya \^.^/ dan tau gak hasilnya BOOMS omzet pun melejit hingga ke angka hampir 9jt / bulan. Profitnya? bisa dihitung sendiri lah yaa hehe.. Alhamdulillah lagi. :))

Namun bisnis ini harus MANDEK ketika kami sudah menginjak pertengahan semester kelas 2 karena Saya dan TIM harus komitment dan fokus untuk Tugas Akhir sekolah agar kami bisa naik kelas dengan nilai memuaskan.. Aamiin ^^

CUKUP! kok Cukup sih? yaaa mari kita buat bisnis plan dulu lalu action yaa guys. Semoga cerita diatas bisa menginspirasi dan akhir kata Sam Bara sebagai writer tidak ada maksut apa-apa hanya berbagi dan tidak ada niat untuk menyombongkan diri atau pamer karena penulis masih jauh dari sempurna dan saat ini hanya bisa berbagi lewat cerita (re : kisah nyata) :)

Semoga reader dan writer makin sukses berbisnis di Usia Muda dan menjadi Pengusaha Muda untuk lebih memajukan Negara Indonesia tercinta ini :D



Soooooo.... AYOOKKK ACTIONNN!!!!!

Transbara Wahyu Firmansyah

No comments:

Post a Comment

Instagram